Review Penipuan Bisnis MLM

MLM

Bisnis MLM pada dasarnya adalah usaha legal yang baik. Tidak sedikit pula orang yang sukses dalam menjalankan bisnis ini. Dengan perkembangan teknologi sekarang ini MLM juga terwujud dalam bentuk afiliasi pemasaran, biasanya berupa penjualan software, e-book, virtual product dan lain sebagainya. Keduanya dilakukan dengan sistem berjenjang atau multi level, hanya saja dalam afiliasi pemasaran member hanya menerima keuntungan dari setiap pembelian atau penjualan produk sementara dalam MLM member dapat memperoleh barbagai macam bonus. MLM legal dan skema tipuan piramid memiliki kemiripan dalam pelaksanaan bisnisnya sehingga masyarakat awam banyak yang tertipu. Yang terbaru ialah penipuan MLM produk myazaria.

Dengan banyaknya korban yang berjatuhan, maka tipuan pyramid ini menjadi bisnis terlarang dibanyak negara. Akan tetapi si penipu tetap mencari berbagai cara untuk menjalankan aktivitasnya. Berikut ulasan mengenai bisnis MLM ini.

Produk Murah Tidak Bermanfaat

Produk yang dijual biasanya sangatlah murah tapi tidak ada manfaatnya. Contoh dari produk ini biasanya berupa software atau e-book. E-book tersebut memiliki judul yang bersifat bombastis seperti cara mudah mendapat keuntungan online, cara cepat menjadi sukses dan kaya lewat bisnis online, dst.

Produk Mahal Tidak Berkualitas

MLM jenis ini biasanya menyamar dalam bentuk bisnis MLM resmi yang menjual produk. Namun tidak terfokus pada penjualan produk. Mereka menawarkan produk tetapi sebenarnya hanya mengincar uang dari si member baru dengan menawarkan produk tidak berkualitas tersebut. Iming-iming bonus yang diperoleh dari penjualan produk sekilas sangatlah menggiurkan akan tetapi harga jual produk tersebut sangatlah mahal padahal kualitasnya biasa saja. Perusahaan jenis ini pada dasarnya menjalankan tipuan pyramid.

Harus Waspada Dengan Bisnis Arisan Berantai

Mulai sekarang kita harus mulai waspada akan bisnis dengan sistem arisan berantai atau tipuan pyramida jika ditawari untuk bergabung dalam suatu bisnis dimanakita diharuskan merekrut orang lain agar memperoleh bonus, tidak adanya produk atau jasa yang ditawarkan jika pun ada biasanya produk tersebut sangatlah mahal serta si pengajak lebih sering membicarakan peluang bisnis dibandingkan dengan produknya. Biasanya mereka mati-matian mengklaim bahwa bisnis mereka ini adalah bisnis resmi dengan menunjukan surat-surat seperti NPWP, SIUP TDP dan lain sebagainya. Padahal dokumen tersebut hanyalah dokumen standar pendirian usaha.

MLM2

Ciri MLM Yang Baik

Sekali lagi perlu ditekankan bahwa bisnis MLM ini adalah bisnis yang baik dan legal. Hanya saja kita harus jeli dalam menganalisis perusahaan MLM yang ada agar tidak terkena tipuan pyramid. Beberapa indikator dari perusahaan MLM yang baik ialah

  • Memiliki produk yang benar-benar berkualitas dan berbeda dari produk sejenis yang ada dipasaran.
  • Harga produk yang masuk diakal serta memiliki keunggulan sehingga memiliki kemungkinan untuk laku keras dipasaran karena tidak jarang MLM penipu yang sebenarnya menjual produk yang dengan mudah didapatkan dipasaran.
  • Kemungkinan produk yang akan terus dipesan banyak orang dalam waktu singkat sehingga volume penjualan akan selalu ada walaupun tidak merekrut member baru
  • Memiliki sistem bonus yang jelas dan berimbang
  • Bonus dihasilkan dari penjualan produk bukan dari hasil rekrutmen member baru
  • Memiliki kantor yang jelas keberadaannya dan memberi dukungan yang baik
  • Telah beroperasi dalam jangka waktu yang lama, walau sekarang ini banyak juga MLM baik dan prosfektif yang bermunculan.

Sebetulnya hampir semua bisnis MLM di Indonesia sekarang ini memiliki kriteria sebagaimana tersebut diatas. Oleh karena itu agar tidak terjebak dalam MLM penipu maka gunakanlah kejelian dan analisis yang tepat untuk membedakan mana MLM yang baik dan mana MLM penipu.

Leave a Reply