Peluang Usaha Batako

Peluang Usaha Batako

Peluang Usaha Batako

Usaha Batako menjadi peluang usaha yang menjanjikan saat ini karena pada era sekarang pembangunan di segala bidang merupakan hal yang penting. Imbasnya kini banyak proyek-proyek pembangunan ditiap-tiap daerah. Selain itu banyak pula investor yang mendirikan perumahan, swalayan dan bangunan lainnya yang bersifat sebagai tempat untuk umum. Dari sinilah terbuka peluang untuk meraup keuntungan. Menyediakan usaha batako press adalah pilihan tepat bagi mereka yang ingin memanfaatkan proyek-proyek pembangunan ini karena batako merupakan bahan yang wajib tersedia bagi proyek pembangunan. Dalam membuka usaha batako diperlukan beberapa persiapan mengingat batako merupakan bahan bangunan yang akan digunakan dalam jangka waktu lama sehingga kualitasnya haruslah benar-benar diperhatikan. Berikut adalah hal yang perlu diperhatikan dalam membangun usaha ini.

Tempat Produksi

Hal pertama yang harus disiapkan dalam membangun usaha batako ialah menentukan tempat produksi. Hendaknya menyiapkan tempat yang luas dan datar seperti tanah lapang. Hal ini agar proses penjemuran nantinya akan lebih cepat sehingga produksi bisa lebih besar.

Sediakan Alat Produksi

Alat produksi batako dapat berupa mesin press manual ataupun otomatis. Untuk alat manual Anda dapat membuatnya sendiri menggunakan papan dari kayu. Jika ingin membuat usaha dengan skala besar, maka disarankan untuk menggunakan alat press otomatis yang terdiri dari mixer pengaduk semen dan mesin cetaknya.

Dapatkan Izin Usaha Pembuatan Batako

Daftarkan usaha pembuatan batako tersebut agar kontaktor dapat mempercayai produk yang Anda buat. Biasanya kontraktor membeli batako pada penyedia material yang memiliki izin usaha berupa UD atau pun CV.

Proses Pembuatan

Proses pembuatan batako yaitu dimulai dari mengayak pasir agar diperoleh pasir yang halus. Kemudian pasir yang telah diayak tersebut  diaduk dengan semen hingga merata, lantas ditambahkan air pada adonan tersebut. Adonan pasir, semen dan air lantas diaduk kembali hingga diperoleh adonan siap pakai.Pencampuran antara pasir, semen dan air memiliki perbandingan 75:20:5. Selanjutnya andonan siap pakai tersebut ditempatkan pada mesin pencetak batako dengan menggunakan sekop dan biasanya diatasnya ditambahkan pasir halus hasil ayakan (tergantung jenis batako yang dibuat).Dengan mesin pencetak tersebut, batako dipress hingga padat, kemudian batako dikeluarkan dari cetakan dan dijemur dibawah terik matahari sampai kering atau hingga didapat batako yang sudah siap pakai.

Pengujian Batako

Sebelum dipasarkan, biasanya batako-batako yang sudah jadi tersebut mengalami uji mutu. Pengujian mutu meliputi ukuran dan tampak luar, daya serap dan daya tahan tekanan. Mengingat batako ialah material bangunan yang tidak akan basi dan membusuk, maka tidak ada salahnya untuk membuat batako dalam jumlah besar sehingga jika ada kontraktor yang akan membeli batako tersebut dalam jumlah besar, stok barang masih tersedia dan tidak kerepotan dalam pemenuhannya.

 

Salah satu kendala dalam pembuatan batako ini ialah harga semen yang cukup tinggi. Selain itu kendala lainnya ialah musim hujan. Musim hujan sangat mempengaruhi proses pengeringan batako. Tantangan lainnya ialah jumlah permintaan akan batako yang tidak menentu. Karena mayoritas konsumen adalah masyarakat umum, maka kondisi kebiasaan dan budaya setempat juga mempengaruhi penjualan. Misalkan seperti pantangan melakukan proses pembangunan pada bulan-bulan tertentu atau kebiasaan masyarakat yang lebih memilih menggunakan batu bata merah ketimbang batako dengan pertimbangan biaya yang lebih murah jika menggunakan bata merah. Padahal keuntungan dari usaha batako ini dapat mencapai hingga 30% .

Leave a Reply