Apa itu Bisnis MMM?

Apa itu bisnis MMM

Bisnis MMM adalah sebuah sistem bisnis ponzi yang diklaim tidak akan bangkrut atau macet. Banyak sekali member MMM ini yang memiliki keyakinan 100% jika uang mereka aman dan bahkan akan terus berkembang setiap bulannya minimal 30%. Berdasarkan berita yang beredar, di Indonesia ini semakin hari semakin banyak orang yang tertarik untuk bergabung dengan bisnis yang dibangun oleh Sergey Mavrodi tersebut. MMM sendiri sebenarnya sudah berdiri sejak 1989 dan di Indonesia baru booming beberapatahun yang lalu dan sempat bermasalah pada medio 2014 silam. Lantas apakah bisnis MMM itu dan bagaimana cara kerja MMM, berikut sedikit ulasan singkatnya.

 

MMM Menggunakan Skema Ponzi atau Piramida

 

Bisnis MMM adalah bisnis yang menggunakan skema piramida. Nah yang menjadi pertanyaan besar ialah bagaimana mungkin kita menyetorkan sejumlah uang dan kita bisa dibayar sebesar 30% dari modal kita itu jika uang tersebut tidak pernah diperdagangkan atau diputarkan dalam dunia bisnis yang real? Jawabannya adalah karena bisnis ini berjalan dengan sistem Member Pay to Member atau dalam bahasa yang lebih halus ialah setiap anggota membantu anggota lainya untuk mendapatkan uang. Simpelnya jika saya mendaftar MMMdan membantu orang lain Rp 1.000.000 maka saya akan berharap bulan depan akan menjadi Rp 1.300.000 yang diambil dari member baru. Jika tiap member ini hanya menyetorkan sekali saja dan anggotanya tidak bertambah maka MMM akan pailit dan macet. Namun sepertinya di Indonesia bisnis MMM ini akan bertahan lebih lama lagi karena iming-iming keuntungn 30% tiap bulan tanpa harus bekerja.

Benarkah MMM Itu Member to Member ?

Menurut Kiswoyo Adi Joe seorang pengamat dan analis dari Investa Saran Mandiri seperti yang ditulis Tempo.co, MMM memiliki banyak sekali peluang untuk melakukan penipuan dan kecurangan. Karena sangat mungkin ada beberapa orang yang memiliki peran dalam mengelola website MMM dan menyamar sebagai anggota MMM dengan tujuan memperoleh uang jatah transfer dari setiap anggota baru yang muncul dalam website tersebut. Sehingga bisnis ini tidaklah sepenuhnya Member to Member namun juga melibatkan permainan sekelompok orang yang memanfaatkannya untuk melakukan penipuan dengan mengatasnamakan tolong menolong.

Bisnis MMM Ilegal di Indonesia

Hal lain yang harus dipertimbangkan adalah bisnis ini tidak memiliki legalitas di Indonesia, sehingga apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan maka untuk menuntut pertanggung jawabannya sangatlah sulit. Pemerintah tidak dapat membantu dan turun langsung untuk mengurus ketidak beresan tersebut dikarenakan bisnis MMM ini tidak diakui di Indonesia

Tidak Ada Jaminan Investasi

Dikarenakan bisnis ini ilegal dan tidak memiliki unit usaha offline maupun online baik itu di dunia Forex, Reksadana, Saham ataupun Properti sehingga bisnis ini murni arisan uang yang dibayarkan tiap anggota baru sehingga tidak ada satupun jaminan investasi yang bisa dipertanggung jawabkan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Sistem Mavro Tidak Transparan.

Dalam sistem MMM setiap orang yang menjadi anggota bisnis ini akan memiliki peringkat Mavro. Semakin tinggi peringkatnya maka semakin besar bayarannya. Poin Mavro ini ditentukan sendiri oleh Sergey Mavrodi, sehingga tidak ada transparansi sama sekali.

Perlukah Bergabung MMM?

Jika ditanya perlukan bergabung bisnis MMM? Maka jika melihat faktor-faktor diatas jawabannya adalah Tidak. Jika masih penasaran, maka jangan terlalu banyak uang yang diinvestasikan dalam bisnis ini dan bila perlu segera tarik uang Anda secepat mungkin jika sudah ada indikasi scam dan macet.

Leave a Reply